Thursday 3 September 2009

Islam bagi pencari jati diri

ISLAM BAGI PENCARI JATI DIRI


Masa muda adalah masa pencarian jati diri. Pada masa inilah pemuda-pemudi mengekpresikan rasa penasarannya terhadap dunia. Apapun mereka lakukan demi menemukan dunia yang mereka harapkan. Hal ini sangat menggembirakan sekaligus sangat membahayakan bagi para pemuda dan pemudi.
Hal ini dirasa sangat menggembirakan karena dengan semangat menggebu-gebu yamng mereka miliki mereka bisa menemukan apa saja yang belum pernah mereka temukan sebelumnya. Dengan ini mereka akan mendapatkan pengalaman baru yang pastinya sangat berkesan dan berharga buat mereka. Tetapi kegembiraan ini bisa menjadi bahaya tatkala semangat mereka untuk mengetahui dunia salah jalan kehal-hal yang negative. Dan bisa berbahaya lagi kalau semangat mereka dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertnggungjawab kaena pada prinsipnya keimanan mereka masih sangat lemah dan sangat mudah dipengaruhi oleh orang lain.
Dengan semakin majunya iptek membuat mereka membuat mereka beranggapan bahwa mereka bebas melakukan apa saja yang mereka inginkan. Dengan maraknya alat komunikasi seperti HP memudahkan mereka mendapatkan informasi dari manapun.tetapi dengan kberbagai kemudahan yang ditawarkan iptek malah sekarang menimbulkan krisis semangat para pemuda, hal ini disebabkan mereka telah terbiasa dengan hal-hal yang serba instant yang pada akhirnya mereka menjadi malas.
Kecenderungan untuk tampil ngetren, maching dan tidak mau ketinggalan zaman sedikit banyak disebabkan karena keinginan mereka untuk menjadi pusat perhatian. Dengan alasan inilah mereka menghalalkan segala cara agar mereka menjadi pusat perhatian orang-orang yang ada disekitarnya. Banyak sekali yang mereka lakukan demi hal itu, beruntunglah bagi mereka yang berjalan pada jalan yang benar tapi tidak sedikit mereka yang salah jalan.
Disinilah peran islam itu sangat penting untuk memberi petunjuk kepada mereka yang salah jalan dan memantap kan mereka yang sudah berada di jalan yang benar. Para orang tua seharusnya mengajarkan ajaran islam kepada anak-anaknya sejak kecil agar islam itu mantap dihati anak. Pendidikan island yang sudah di dapat diharapkan mampu menjadi pondasi bagi sang anak pada saat ia beranjak dewasa.
Para pemuda marilah kita senantiasa belajar tentang islam, mendalami ilmu-ilmu islam meskipun bagimu hal itu sangatlah membosankan. Tapi demi kejayaan islam yang saat ini tengah diinjak-injak harga dirinya siapa lagi kalau bukan kalian yang bisa mewujudkannya.

No comments:

Post a Comment