Sunday 6 September 2009

etika bergaul

KANDUNGAN SURAT LUKMAN AYAT 18-19

“Dan janganlah engkau palingkan muka mu dari manusia (kerana takbur) dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan lagak yang angkuh. Sesungguhnya Allah tidak sukakan sekalian orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”(LUKMAN:18)
Pada ayat ini diterangkan bahwa orang-orang tidak boleh memalingkan mukanya terhadap orang yang mengajaknya bicara karena sombong dan meremehkannya. Akan tetapi hadapilah dia dengan muka yang berseri-seri dan gembira tanpa adanya rasa sombong dan tinggi hati.(sayid qutthb:2004)
Hal ini bisa kita terpakan dalam kehidupan sehari-hari kita yaitu saat kita bertemu dengan teman atau siapa saja maka alangkah baiknya kita menyambutnya dengan penuh kehangatan dengan senyuman atau lebih sempurna lagi kalau ditambah dengan ucapan salam dan juga jabat tangan (tapi khusus untuk jabat tangan ini dilarang bagi laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim).
Meskipun terlihat sangat sederhana tetapi jika diamati faedah dari hal tersebut sangatlah besar. Karena jika kita sebagai umat muslim semuanya mempraktekkan hal itu pastinya solidaritas antar kaum muslimin sangatlah kuat. Akn tetapi pada prakteknya dalam kehidupan sehari-hari sangatlah sulit hal ini dasebabkan karena dalam hati manusia ada rasa sombong yang membuat manusia bangga terhadap dirinya sendiri sampai-sampai merasa bahwa dia tidak membutuhkan orang lain.
Hal inilah yang tidak disukai Allah karena pada dasarnya yang pantas menyaombongkan diri hanyalah Allah dan manusia hanyalah makhluk yang lemah yanh tidak berdaya tanpa adanya pertolongan dari-NYA.
“Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suara mu, sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai”.(Lukman:19)
Setelah Allah melarang hamba-NYA menyombongkan diri kemudian Allah menyuruh untuk sederhanadalam berjalan dan berbicara hal ini menandakan bahwa islam sangatlah peduli akan tatanan sopan santun dalam bergaul.
Sederhana dalam berjalan maksudnya berjalan seperti biasa ( apa adanya ) tanpa dibuat-buat. Sederhana dalam bersuara maksudnya yaitu berbicara dengan pelan dengan nada yang biasa atau tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut.

No comments:

Post a Comment