Wednesday, 18 November 2009

Rencana pelaksanaan pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 Perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran
 Rencana yang mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dlam silabus
 Pembelajaran adalah proses yang ditata dan diatur menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan.
B. Unsur-unsur dalam RPP
Dalam menyusun sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran terdiri dari beberapa unsur yaitu :
1) Mata Pelajaran
2) Kelas dan Semester
3) Alokasi Waktu
Alokasi waktu: waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelajaran pada setiap KD.
4) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi (SK) adalah tujuan pembelajaran secara umum. Sedangkan Kompetensi dasar ini berupa penjabaran dari standar kompetensi. SK tidak boleh diubah (sesuai kurikulum). Namun boleh ditambah kalau tidak ada. Penulisannya pun disesuaikan dengan peraturan yang ada (kalau tidak salah ada lembar penggunaan kalimat operasional yang berupa kata kerja untuk pembuatan SK dan KD)
5) Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran ini adalah aktivitas yang dilakukan oleh siswa bersama guru di kelas. Bisa berupa demonstrasi, tanya jawab, diskusi, game, praktikum, dan lain-lain.
6) Tujuan Pembelajaran
I. Tujuan pembelajaran terbagi atas 2 bagian :
a. Tujuan pembelajaran umum
b. Tujuan pembelajaran khusus
Kriteria :
a. Harus menggunakan istilah- istilah yang operasional Spt : menuliskan, menyebutkan, menghitung, membedakan, dsg.
b. Harus dalam bentuk hasil belajar
Adalah Menggambarkan hasil belajar yang diharapkan pada diri siswa setelah ia menempuh segala KBM atau dengan kata lain hasil apa yang sudah diperoleh setelah ia mempelajari suatu pokok bahasan.
c. Harus berbentuk tingkah laku dari para siswa
Artinya Setelah siswa mempelajari pokok bahasan tsb adanya perubahan pengetahuan tentang materi pelajaran.
d. Hanya meliputi satu jenis tingkah laku
Adalah Kemampuan yang dimiliki oleh siswa cukup hanya terbatas
7) Indikator
Indikator adalah tanda-tanda yang dapat digunakan untuk menentukan/mengukur ketercapaian KD. Indikator berisi perilaku bawahan atau jabaran perilaku yang terdapat dalam KD. Indikator harus rinci, spesifik dan mudah diukur tingkat ketercapaiannya.
8) Materi Pembelajaran
Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai.
9) Metode Pembelajaran
Metode adalah suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervarian sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya bila tidak menguasai satupun metode mengajar yang telah dirumuskan dan dikemukakan para ahli psikologi dan pendidikan.
Jadi metode merupakan ilmu yang membicarakan bagaimana cara atau teknik menyajikan bahan pelajaran terhadap siswa agar tercapai suatu tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.
Oleh karena itu pemakaian metode harus sesuai dan selaras dengan karakteristik siswa, materi, kondisi lingkungan dimana pengajaran berlangsung.
Macam – macam Metode Mengajar diantaranya :
 Metode Ceramah
 Metode Diskusi
 Metode Tanya Jawab
10) Alat dan Bahan
Alat yang digunakan sebagai perantara dalam proses belajar mengajar.
11) Evaluasi
Penilaian: bisa tes lisan, tertulis, kinerja saat praktikum, hasil karya (portofolio).
C. Contoh RPP

Nama Sekolah : MI Negeri Pasar Kemis
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : V/I
Waktu : 2 x 35 Menit
Pendekatan : contekstual teaching learning
Metode : ekspositori, penemuan, tanya jawab, latihan, diskusi

Standar Kompetensi Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk pengginaan sifat sifatnya pembulatan dan penaksiran

Indikator dan pencapaian hasil belajar
 Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokkan), dan distributif dalam penghitungan.
 Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan serta ratusan terdekat
 Menaksir hasil operasi hitung (menjumlahkan, mengurangkan, mengali, dan membagi) dua bilangan
Materi Pokok dan Uraian Materi Pokok
Operasi hitung bilangan bulat
Sifat komutatif, asosiatif dan distributif serta pembulatan dan penaksiran
Pengalaman Belajar
 Menjumlahkan kancing merah dan kancing putih kemudian ditukar urut-urutannya.
 Menjumlahkan bilangan terbesar lebih dahulu daripada bilangan yang keci dibandingkan dengan menjumlahkan bilangan terkecil dahulu baru kemudian bilangan yang besar.
 Mengalikan bilangan yang kecil dengan bilangan yang besar dibandingkan dengan mengalikan bilangan yang besar dengan bilangan yang kecil

Sumber/Bahan/Alat
Handoko, Tri. 2006. Terampil Matematika 5. Jakarta: Yudhistira. Kancing berwarna-warni
Penilaian
Penialain Kognitif
Guru memberikan postes berupai uraian, seperti:
1. 27 + 30 = … + …
2. 89 + 71 = … + …
3. 23 + (41 + 5) = (… + …) + …
4. (91 + 200) + 9 = … + (… + …)
5. 54 + (58 + 25) = (… + …) +…

Analisis Hasil Belajar dan Tindak Lanjut
Batas ketuntasan belajar siswa adalah bila siswa mencapai nilai 6.
Bagi siswa yang belum tuntas harus diberikan remedial.

No comments:

Post a Comment